Welcome to My blog, Berbagi Pengetahuan Disini | Coret coret budak lintank
kang Lintank blog | Contact me | profil | Donasi

Sunday, July 31, 2011

Hacker vs Cracker



Salam blogger ..
pada kesempatan kali ini kang lintank akan membahas Isu tentang hacker dan cracker,
langsung pada inti pokok permasalahan Hacker vs Cracker. sobat blogger pasti sudah gak asing lagi dengan yang satu ini, bahkan bagi sebagian orang ini Menjadi momok yang sangat menakutkan dalam berselancar di dunia maya ?? oh tidaakk !!  oleh karena itu kang lintank akan share sedikit pengetahuan mengenai Hacker dan cracker, sehingga tidak memunculkan kesalahan dalam memahami dan memaksudkan.
kegiatannya disebut Hacking dan Cracking. ini adalah dua kata 'pelaku (subject) dan kegiatan yang berbeda. berikut sedikit penjelasannya.

Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh: Digigumi (Group Digital) adalah sebuah kelompok yang menkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik-teknik heksadesimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat di ubah menjadi berbahasa Indonesia. Oleh karena itu status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker di sini berarti mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi atau untuk pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer. Para hacker biasanya melakukan penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata-rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (Internet) juga memiliki hacker. Tugasnya adalah menjaga jaringan dari kemungkinan perusahaan dari pihak luar cracker, menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang terjadi peluang para cracker untuk mengobrak-abrik jaringanya. Sebagai contoh, perusahaan asuransi dan auditing Price Waterhouse. Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem keamanan client mereka.

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain. Cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, mengubah halaman muka web milik orang lain, bahkan menghapus dan mencuri data orang lain. Umumnya mereka melakukan cracking untuk mendapatkan keuntungan, atau karena sebab lain ?? sebenarnya Cracker lebih cenderung kepada pembobolan software. Seperti pembuat activation code, windows activator dan crack.Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukkan kelemahan keamanan sistem. Cracker lebih cenderung kepada pembobolan software bukan jaringan. Seperti pembuat activation code, windows activator dan crack.

12 komentar:

Yudy Ananda said...

bertambah ilmu saya nih :) tapi menurut saya cracker jasanya besar juga untuk negara berkembang atau dunia ketiga seperti kita coba kalo ga ada cracker hehehe mungkin saya ga akan mengenal komputer dan software2, salam kenal ya kang

Unknown said...

Yang jelas, Mau Hacker ato Cracker, Sma2 di sukai sama "pecinta gratisan" Kaya ane..
Hahaha....

Kang lintank said...

ananda@ salam kenal juga sob :D

Kang lintank said...

alfa@ betul juga sob "sofware gratisan"
wkwkwkwkwkwkwkwwk

Penghuni 60 said...

wah, sadis jg tuh cracker... musti kita brantas donk..
nah kalo yg bs nglawan cracker siapa tuh sob? apakah hacker? ataw jgn2 mreka malah kerjasama. bs gawat tuh...

Ros Marya Yasintha said...

Terimakasih infonya :)
Mendingan hacker deh kalau gitu ;)

Koki Resep said...

kalo saya aliran nya bokeper bang :D
cracker, hacker klo di masyarakat uda gak bisa di bedakan

MMufidLuthfi said...

Thnks info bermanfaatnya sobat ....

Kang lintank said...

to all thnks udah kasih komentar :D

Anonymous said...

saya bukan dua-duanya kang

MR.W said...

kesimpulanya hacker ni hero dan cracker ni penjahat lah ya..! makasih udah share info nya.

MR.W said...

cizz balik buat agan...thank u!

Post a Comment